Jumat, 20 Mei 2016

Review : JULIA'S EYES (2010)



JUDUL : JULIA'S EYES
TAHUN : 2010
GENRE : HOROR
CAST : Belen Rueda, Lluis Homar, Pablo Derqui 

tipikal film-film Guillermo del Toro lainnya, nuansa Julia’s Eyes masih tetap suram, dingin, dan cenderung misterius. Entah mengapa del Toro selalu tertarik dengan film-film yang bernuansa suram seperti ini, seakan cenderung memberi semacam trademark bahwa ini adalah karya del Toro. Saya masih teringat betapa suram, misterius dan sangat penuh fantasinya Pan’s Labyrinth (2006)


Julia’s Eyes berkisah tentang Julia Levin (Belen Rueda) yang sedang menyelidiki penyebab kematian saudara kembarnya Sara (pemerannya juga Belen Rueda). Sara ditemukan oleh Julia dan Isaac (Lluis Homar), suami Julia, gantung diri di basement rumahnya. Julia dan Sara sama-sama memiliki penyakit mata degeneratif yang lama kelamaan akan membuat buta. 


Julia yakin bahwa kematian Sara bukanlah bunuh diri, melainkan ada pembunuh yang memang sudah lama mengincar Sara. Tetangga Sara yang juga buta, memberikan keterangan pada Julia bahwa Sara sering mengunjungi Baumann Center, semacam rumah sakit bagi orang-orang cacat fisik, untuk sekedar berkonsultasi, mendapatkan perawatan khusus, bahkan mendapatkan teman bagi Sara yang buta. Disinilah Julia berhasil “nguping” dari teman-teman Sara bahwa sebenarnya Sara punya pacar.


Dalam penelusuran keterangan tentang pacar Sara, Julia selalu dibuntuti oleh seorang pria misterius yang seringkali dilaporkan pada polisi oleh Julia. Tetapi polisi selalu kehilangan jejak, seakan pria tersebut “tidak terlihat” dan akhirnya polisi menganggap Julia paranoid akibat keterbatasan penglihatannya serta tidak mempercayainya lagi. Mau tidak mau, Julia harus berpacu dengan waktu untuk menemukan siapa pembunuh Sara dan siapa sebenarnya pria misterius yang selalu membuntutinya dan mungkin juga mengincar nyawanya sebelum mata Julia terlanjur buta.


Julia’s Eyes adalah film berbahasa Spanyol yang disutradarai oleh Guillem Morales dan skenarionya ditulis secara keroyokan oleh Guillem Morales dan Oriol Paulo. Satu-satunya aktris yang saya kenal dalam film ini adalah Belen Rueda yang juga pernah main di salah satu film Guillermo del Toro yaitu The Orphanage (2007). Untuk ukuran sebuah film horror/thriller, durasi Julia’s Eyes termasuk cukup panjang karena nyaris menyentuh 2 jam. Meski durasinya lumayan lama, tetapi Guillem Morales cukup piawai untuk membuat penonton tidak mengantuk dan tetap duduk hingga film selesai. Julia’s Eyes juga cukup banyak meraih nominasi di berbagai festival film seperti di Brussels International Festival of Fantasy Film tahun 2011 (untuk sutradara terbaik, Guillem Morales) dan Cinema Writer’s Circle Awards di Spanyol, juga di tahun 2011 (untuk aktris terbaik, Belen Rueda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar